ANDA PENGUNJUNG KE:

Jumat, 12 Februari 2016

PEMBACAAN MAULID AL BARZANJI

Pembacaan maulid al barzanji. Kegiatan pembacaan maulid al barzanji yang diadakan di mushola sanggrahan, madureso. Tepat nya mushola yang saat ini diasuh oleh bapak kyai mahlufi. Itu sudah menjadi kegiatan rutin yang di adakan di daerah pesanggrahan kulon yang sebelumnya masyarakat sanggrahan kulon mengadakan pembacaan maulid albarzanji bersama dengan masyarakat pesanggrahan wetan, tetapi karena merasa tidak efektif, maka Masyarakat pesanggrahan kulon ingin misah karena perbedaan hari yang tepat untuk kegiatan ini, maka pesanggrahan kulon sepakat untuk malam rabu, sedangkan masyarakat pesanggrahan wetan malam minggu.

Kegiatan pembacaan maulid ini diadakan di mushola yang diasuh oleh bp kh mahlufi, tapi kegiatan ini bergilir ke mushola yang diasuh oleh bp kh rowi imron, sehingga tidak selalu di musola itu terus.

Kegiatan ini di mulai pada jam 8.00 WIB, dan biasanya sampai jam 12.00 warga sanggrahan kulon banyak yang mengikuti kegiatan ini. pembacaan maulid albarzanji ini bukan hanya diikuti oleh orang sepuh saja, tapi banyak juga dari kalangan remaja. pembacaan maulid al barzanji ini dipimpin langsung oleh bp. Toha. Kegiatan pembacaan maulid al barzanji  malam itu khusu dan berjalan lancar.

Menurut salah satu narasumber kegiatan ini merupakan untuk ngurip-ngurip kegiatan dalam bidang keagamaan, menghidupkan kembali kegiatan yang sudah lama mati ini, Dan membuat regenerasi  dari kaum muda agar dapat membaca dan nglagu yang ada dalam kitab al barzanji.

Biasanya acara seperti ini menjadi momen untuk berdakwah juga, seperti didalam pra acara ada sedikit ceramah yang disampaikan oleh pengasuh mushola, sehingga bukan hanya untuk pembacaan maulid al barzanji tapi pengajianya juga dapat. susunan acaranya dari kegiatan ini yang pertama biasanya sambutan dari pengasuh mushola, selanjutnya acara inti pembacaan maulid albarzanji, pembacaan doa, dan yang terakhir penutup.

Dengan adanya kegiatan ini Jamaah merasa senang  bahkan salah satu dari jamaah bertanya kepada jamaah lain " kenapa yah hari rabu itu cepat banget ". Jamaah lain ada yang menjawab " itu karena kita suka / cinta dengan kanjeng nabi, dan kegiatan ini ". Dengan demikian masyarakat sangat mendukung dengan adanya kegiatan keaagamaan ini yaitu pembacaan maulid al barzanji.

0 komentar:

Posting Komentar