ANDA PENGUNJUNG KE:

Selasa, 23 Februari 2016

Minus ISIS, AS dan Rusia Sepakati Gencatan Senjata di Suriah

Minus ISIS, AS dan Rusia Sepakati Gencatan Senjata di Suriah

Minus ISIS AS dan Rusia Sepakati Gencatan Senjata di Suriah
Presiden Rusia, Vladimir Putin. | (Sputnik)
A+ A-
MOSKOW - Amerika Serikat (AS) dan Rusia telah menyepakati pelaksanaan gencatan senjata di Suriah mulai berlaku pada tengah malam 27 Februari 2016. Namun, gencatan senjata tak berlaku bagi ISIS, Al-Nusra dan kelompok teror lain.

Artinya, kelompok-kelompok teror itu tetap akan diperangi meski gencatan senjata dilaksanakan di Suriah.

Presidem Rusia, Vladimir Putin, telah mengeluarkan pernyataan resmi terkait kesepakatan gencatan senjata di Suriah. Gencatan senjata itu mutlak berlaku bagi pasukan rezim Presiden Suriah Bashar Al-Assad yang didukung Rusia dan pasukan oposisi Suriah yang didukung AS.

Gencatan senjata akan diterapkan untuk (semua) pihak-pihak dalam konflik Suriah yang telah menunjukkan komitmen mereka untuk menerima ketentuan-ketentuannya. Ini akan mengecualikan Negara Islam Islam Irak dan Suriah (ISIS), Jabhat Al-Nusra dan organisasi teroris lainnya yang ditunjuk oleh Dewan Keamanan PBB,” demikian pernyataan Presiden Putin, yang dikeluarkan semalam, seperti dikutip Russia Today.


Semua pihak yang masuk dalam gencatan senjata itu diwajibkan mematuhi komitmen untuk menghentikan permusuhan. “Selambat-lambatnya pada 26 Februari pukul 00.00 (waktu Damaskus),” lanjut pernyataan itu.

Putin mengatakan bahwa, dia telah berbicara melalui telepon dengan Presiden AS, Barack Obama soal kesepakatan itu. Keduanya memuji kesepakatan yang tercapai dalam pembicaraan tertutup tersebut.

Putin kembali menegaskan bahwa gencatan senjata tak berlaku bagi kelompok teror. ”Serangan terhadap mereka akan terus berlanjut,” kata Putin.

Ini adalah kesempatan nyata untuk menghentikan pertumpahan darah di Suriah, serta untuk memberikan bantuan kemanusiaan,” imbuh Putin.
sumber :  Minus ISIS, AS dan Rusia Sepakati Gencatan Senjata di Suriah

0 komentar:

Posting Komentar