ANDA PENGUNJUNG KE:

Selasa, 16 Februari 2016

mahage desa madureso

Rutinan Malam Ahad Wage ( mahage ) desa madureso ini bukan seperti acara MAHAGE Kebumen yang acara inti adalah pembacaan maulid simtudduror dan sholawat, tapi Mahage yang diselenggarakan didesa madureso ini adaalah acara istighosah, mujahadah, dan mau'idzoh khasanah. Mahage desa madureso ini di ketuai oleh bapak kyai Syukron S.Pd. Rutinan ini diadakan pada malam ahad wage. Rutinan ini selalu bergantian dr masjid/mushola satu ke masjid/mushola yang lain. Mujahadah yang diamalkan adalah mujahadah yang dijasahkan oleh almarhum KH Khudlori Tegalrejo.
MAHAGE yang diadakan pada tanggal 13 februari 2016 itu diadakan di Mushola Riyadlotul Athfal yang diasuh oleh bapak kyai Rowi Imron. Tepatnya di jalan candi wulan madureso, kuwarasan. Sebenarnya acara mahage ini rutinanya di musola yang saat ini diasuh oleh bapak kyai kusen, tapi berhubung didaerah pangkalan ada acara, maka terpaksa rutinan ini dialihkan ke mushola yang diasuh bapak rowi imron.
Mahage ini dimulai pada pukul 8.30 wib atau bakda isa. sebelum acara ini ada penampilan dari group rebana NIDAUS SAADAH. Group rebana ini adalah grup dari mushola itu sendiri. Sampai jam 9.00 WIB acaranyapun mulai.
Acara yang pertama adalah acara mujahadah dan istighosah yang diimami langsung oleh pengasuh mushola Riyadlotul Atfal. Mujahadah dan istighosah ini dilakukan oleh jamaah laki2 maupun perempuan. Dengan syarat harus suci.
Mujahadah dan istighosah pada malam itu terlihat khusuk karena cuacanya juga yang sangat mendukung. Tidak terlalu panas atau tidak terlalu dingin.
Setelah mujahadah selesai, disusul dengan acara mauidzoh hasanah yang di sampaikan oleh kyai rahmat ( guru tpq al ikhlas madureso ). Pengajian ini membahas tentang ke NU an, kemasyarakatan, Keagamaan,pentingnya keorganisasian dll.
Setelah acara mauidzoh hasanah selesai, acara rutinan ditutup oleh salah satu kyai dari lemah duwur. Acara ini selesai pada pukul 12.15. Acara rutinan untuk ahad wage besok adalah di mushola yang diasuh oleh bapak kyai kusen, pangkalan.

0 komentar:

Posting Komentar